Kamis 17 Oktober 2019
Selamat Datang Di Pengadilan Agama Belopa, Alamat Jalan Tomakaka, Kelurahan Sabe, Kecamatan Belopa Utara (Kompleks Dinas Perhubungan Kab. Luwu) Kabupaten Luwu-Sulawesi Selatan-91984 | Telp (0471) 3208436 | Hp 0823 9844 0842 | Email : belopa@pta-makassarkota.go.id | tabayyun.belopa@gmail.com

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; plgContentembed_google_docs_viewer has a deprecated constructor in /home/k2047065/public_html/belopa/plugins/content/embed_google_docs_viewer/embed_google_docs_viewer.php on line 18

SEJARAH PEMBENTUKAN

PENGADILAN AGAMA BELOPA KELAS II

 

Sebagaimana telah diamanatkan Amandemen Ketiga Undang-undang Dasar  Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 24 ayat (1) tentang sifat dan karakter kekuasaan Kehakimam dengan menyatakan “ Kekuasaan Kehakiman adalah kekuasaan Negara yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan Hukum dan Keadilan “ demi  terselenggaranya Negara Hukum Republik Indonesia Untuk mewujudkan amanat konsitusi diatas, Mahkamah Agung sebagai salah satu puncak kekuasaan kehakiman, merasa bertanggung jawab sekaligus tertantang guna mewujudkan terselenggaranya manejemen Peradilan sebagai lembaga yang profesional, efektif, efesien, transparan serta akuntabel, tidak saja di lingkungan Mahkamah Agung tetapi juga 4 (empat) lingkungan Peradilan dibawahnya sebagai konsekuensi kebijakan “ satu atap “.

Pengadilan Agama Belopa didirikan dan dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2016 tentang Pembentukan Pengadilan Agama Belopa. kantor Pengadilan Agama Belopa masih nomaden dengan Gedung kantor Dinas Perhubungan yang dipinjamkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu, dengan luas bangunan 15 x 10 M2 yang jauh dari memadai .Kendatipun volume dan tata ruangannya masih belum sesuai dengan prototype dan belum memenuhi kriteria kantor yang representative sebagai sebuah kantor pelayanan bagi masyarakat, namun Pengadilan Agama  Belopa tetap bertekad dan berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat para pencari keadilan.

Pengadilan Agama Belopa  merupakan salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman pada tingkat pertama bagi para pencari keadilan yang beragama Islam mengenai perkara perdata khusus sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 jo Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006, yang berada di wilayah yuridiksi Pengadilan Tinggi Agama Makassar.

Pengadilan Agama Belopa  adalah Pengadilan Agama kelas II  merupakan Yurisdiksi dari Pengadilan Tinggi Agama Makassar. Pengadilan Agama Belopa terletak di Jl. Tomakaka Kelurahan Sabe Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu.

Pegawai

Hakim
Husaima, SHI
Hakim
Helvira, SHI
Panitera
Nasriah, SH
Sekertaris
H. Abdul Azis, S.Ag
Panmud Gugatan
Maswarni Bugis, S.Ag
Panmud Permohonan
Musdalifah, SH, MH
Panmud Hukum
Sulfian P, S.Ag
Kasubag Umum & Keuangan
Hijrawati, SH

Login Pengguna

Info Pengunjung

0.png0.png7.png2.png7.png7.png
Hari Ini33
Kemaren45
Minggu Ini209
Bulan Ini771
Total7277

  • IP: 3.209.80.87
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Pengunjung Online

1
Online

Kamis, 17 Oktober 2019