Kamis 17 Oktober 2019
Selamat Datang Di Pengadilan Agama Belopa, Alamat Jalan Tomakaka, Kelurahan Sabe, Kecamatan Belopa Utara (Kompleks Dinas Perhubungan Kab. Luwu) Kabupaten Luwu-Sulawesi Selatan-91984 | Telp (0471) 3208436 | Hp 0823 9844 0842 | Email : belopa@pta-makassarkota.go.id | tabayyun.belopa@gmail.com

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; plgContentembed_google_docs_viewer has a deprecated constructor in /home/k2047065/public_html/belopa/plugins/content/embed_google_docs_viewer/embed_google_docs_viewer.php on line 18

YURISPRUDENSI

 

Yurisprudensi adalah adalah keputusan-keputusan dari hakim terdahulu untuk menghadapi suatu perkara yang tidak diatur di dalam UU dan dijadikan sebagai pedoman bagi para hakim yang lain untuk menyelesaian suatu perkara yang sama.

Jenis-Jenis Yurisprudensi 

Adapun jenis-jenis yurisprudensi diantaranya:

  1. Yurisprudensi Tetap

Yurisprudensi tetap adalah keputusan dari hakim yang terjadi karena rangkaian putusan yang sama dan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pengadilan.

  1. Yurisprudensi Tidak Tetap

Yurisprudensi tidak tetap adalah keputusan dari hakim terdahulu yang tidak dijadikan seagai dasar bagi pengadilan.

  1. Yurisprudensi Semi Yuridis

Yurisprudensi semi yurisis adalah semua penetapan pengadilan yang didasarkan pada paermohonan seseorang yang berlaku khusus hanya bagi pemohon.

  1. Yurisprudensi Administratif

Yurisprudensi administrasif adalah Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) yang berlaku hanya secara administratif danm mengikat intern dalam lingkup pengadilan.

Fungsi dan Manfaat Yurisprudensi

Fungsi yurisprudensi adalah sebagai berikut:

  • Untuk menegakkan kepastian hokum
  • Untuk mewujudkan keseragaman pandangan hokum yang sama
  • Sebagai landasan hukum
  • Untuk menciptakan standar hukum

Manfaat yurisprudensi yaitu:

  • Sebagai pedoman bagi hakim untuk menyelesaikan perkara yang sama
  • Membantu membentuk hukum tertulis.

 

Yurisprudensi Mahkamah Agung Indonesia

Yurisprudensi Mahkamah Agung Indonesia adalah putusan Majelis Hakim Agung di Mahkamah Agung Indonesia yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap berisi kaidah hukum yang diberlakukan dalam memeriksa dan memutus perkara dalam lingkup Peradilan Pidana, Perdata, Tata Usaha Negara, Agama dan Niaga yang dikualifikasi. Beberapa Yurisprudensi Mahkamah Agung RI yang telah beberapa kali dipergunakan sebagai acuan bagi para Hakim untuk memutus suatu perkara yang sama sehingga menjadi sumber hukum yang memiliki kekuatan mengikat secara relatif.

Putusan Mahkamah Agung tersebut akan diseleksi oleh Tim Khusus dan apabila dianggap layak untuk menjadi Yurisprudensi maka akan dipublikasikan oleh Mahkamah Agung. Judul atau Nama dari publikasi tersebut disesuaikan dengan tahun terbitannya misalnya Yurisprudensi Mahkamah Agung Tahun 2006.

Penerbitkan buku tersebut biasanya dilakukan setiap tahun. Sedangkan putusan yang diterbitkan oleh Puslitbang adalah hasil kajian atau penelitian terhadap putusan suatu kasus yang dianggap menarik. Penerbitan oleh Puslitbang ini belum dilakukan secara reguler. Sayangnya jumlah eksemplar cetakannya dibatasi, yakni disesuaikan dengan jumlah hakim yang ada di seluruh Indonesia dan jumlah perpustakaan yang akan dikirimi publikasi tersebut.

Buku yurisprudensi ini dibagikan secara gratis. Namun karena banyak pihak lain di luar korps hakim dan perpustakaan, khususnya kalangan pengacara, yang ingin memiliki Yurisprudensi MA, maka biasanya pihak MA akan mencari dana di luar dana APBN untuk mencetak lebih banyak lagi buku yurisprudensi tersebut dan menjualnya ke masyarakat yang berminat.

Pegawai

Hakim
Husaima, SHI
Hakim
Helvira, SHI
Panitera
Nasriah, SH
Sekertaris
H. Abdul Azis, S.Ag
Panmud Gugatan
Maswarni Bugis, S.Ag
Panmud Permohonan
Musdalifah, SH, MH
Panmud Hukum
Sulfian P, S.Ag
Kasubag Umum & Keuangan
Hijrawati, SH

Login Pengguna

Info Pengunjung

0.png0.png7.png2.png7.png7.png
Hari Ini33
Kemaren45
Minggu Ini209
Bulan Ini771
Total7277

  • IP: 3.209.80.87
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Pengunjung Online

1
Online

Kamis, 17 Oktober 2019