Kamis 17 Oktober 2019
Selamat Datang Di Pengadilan Agama Belopa, Alamat Jalan Tomakaka, Kelurahan Sabe, Kecamatan Belopa Utara (Kompleks Dinas Perhubungan Kab. Luwu) Kabupaten Luwu-Sulawesi Selatan-91984 | Telp (0471) 3208436 | Hp 0823 9844 0842 | Email : belopa@pta-makassarkota.go.id | tabayyun.belopa@gmail.com

Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; plgContentembed_google_docs_viewer has a deprecated constructor in /home/k2047065/public_html/belopa/plugins/content/embed_google_docs_viewer/embed_google_docs_viewer.php on line 18

Prosedur Berperkara Secara PRODEO / GRATIS

Langkah 1

Datang ke Kantor Pengadilan Agama

  1. Membuat surat permohonan/gugatan untuk berperkara yang di dalamnya tercantum pengajuan berperkara secara Prodeo dengan mencantumkan alasan-alasannya. Surat Permohonan dapat dibuat sendiri. Apabila anda tidak dapat membuatnya Pemohon/Penggugat dapat meminta bantuan kepada Pos Bantuan Hukum (Pos Bakum), pada Pengadilan setempat bila sudah tersedia.
  2. Jika Pemohon/Penggugat tidak dapat menulis (buta huruf) Surat permohonan/gugatan dapat diajukan secara lisan dengan menghadap Kepada Ketua Pengadilan Agama setempat atau Hakim yang ditujuk untuk itu.
  3. Melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).
  4. Panitera memeriksa kelayakan pembebasan biaya dan ketersediaan anggaran. Selanjutnya Panitera membuat Surat Keterangan apabila menurut penilaian Panitera Pemohon/Penggugat layak dibebaskan dari biaya perkara.
  5. Ketua melakukan pemeriksaan berkas berdasarkan pertimbangan Keterangan Panitera dan membuat Penetapan Layanan Pembebasa Biaya Perkara.
  6. Penetapan Layanan Pembebasa Biaya Perkara berlaku untuk perkara yang sama di tingkat banding, kasasi dan PK.

 

Langkah 2

  1. Menunggu Panggilan Sidang dari Pengadilan
  2. Pengadilan akan mengirim Surat Panggilan Sidang yang berisi tentang tanggal dan tempat sidang kepada Pemohon/Penggugat dan Termohon/Tergugat secara langsung ke alamat yang tertera dalam surat Permohonan/gugatan.

 

Langkah 3

  1. Mengahadiri persidangan
  2. Datang ke Pengadilan sesuai dengan tanggal dan waktu yang tertera dalam surat panggilan. Upayakan untuk datang tepat waktu dan jangan terlambat.
  3. Setelah upaya perdamaian tidak berhasil dan surat permohonan/gugatan tidak ada lagi perubahan, maka dilanjutkan pada pemeriksaan pokok perkara.
  4. Majelis Hakim tidak memeriksa Permohonan yang berkaitan dengan Prodeo.

 

Langkah 4

  1. Proses Persidangan Perkara
  2. Proses Persidangan dilakukan dengan perkara yang diajukan berdasarkan tahapan-tahapan yang ditetapkan dalam hukum acara sampai adanya putusan Pengadilan yang salah satu isinya menyatakan membebankan biaya perkara kepada Negara melalui DIPA Pengadilan Agama setempat.
  3. Dalam hal anggaran biaya prodeo yang dibebankan kepada negara telah habis, maka masyarakat tidak mampu tetap dilayani dengan tanpa biaya (prodeo murni).

 

Langkah 5

Setelah Putusan/Penetapan berkekuatan hukum tetap Para Pihak dapat mengambil Salinan Putusan dan Akta Cerai untuk perkara perceraian dan mengambil Salinan Putusan/Penetapan untuk perkara lainnya.

Pegawai

Hakim
Husaima, SHI
Hakim
Helvira, SHI
Panitera
Nasriah, SH
Sekertaris
H. Abdul Azis, S.Ag
Panmud Gugatan
Maswarni Bugis, S.Ag
Panmud Permohonan
Musdalifah, SH, MH
Panmud Hukum
Sulfian P, S.Ag
Kasubag Umum & Keuangan
Hijrawati, SH

Login Pengguna

Info Pengunjung

0.png0.png7.png2.png7.png7.png
Hari Ini33
Kemaren45
Minggu Ini209
Bulan Ini771
Total7277

  • IP: 3.209.80.87
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Pengunjung Online

1
Online

Kamis, 17 Oktober 2019